Sabtu, 31 Mei 2014

Pempek Palembang

Pempek Palembang
Pempek Palembang
Pempek adalah salah satu makanan khas dari kota Palembang, Indonesia. Makanan ini terdiri dari bermacam-macam bentuk dan rasa, seperti pempek kapal selam yang bentuknya segitiga dan berisikan telor, pempek kulit yang terbuat dari kulit ikan asli dengan ciri khas nya adalah berwarna hitam dan pempek lenjer bentuknya bulat panjang yang bisa dimakan dengan keinginan kita sendiri.


Pempek adalah makanan tradisional khas Palembang. Terbuat dari tepung dan daging ikan segar. Saus special yang berwarna agak kehitaman disebut “cuko” , cuko terbuat dari cabai , bawang putih , gula merah , asam jawa dan udang kering / ebi .

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan.

Hastag : #PempekPalembang, #CukoPempek

0 komentar:

Posting Komentar